Tips Sukses Berbisnis Sambil Mengurus Rumah Tangga

Tips Sukses Berbisnis Sambil Mengurus Rumah Tangga – Menjadi seorang pebisnis memang tidak mudah, Anda membutuhkan banyak waktu, tenaga ekstra dan tentu saja modal yang cukup untuk mengembangkan bisnis. Apalagi jika Anda adalah seorang perempuan yang memiliki peran dan tanggung jawab besar menjadi untuk mengurus rumah tangga. Tetapi tidak perlu panik, karena Anda pun tetap bisa menjadi seorang pebisnis meski sambil mengurus rumah tangga.

Tahukah Anda? Bahwa tidak sedikit ibu rumah tangga yang mengembangkan bisnis disela-sela kesibukan mengurus rumah tangga, seperti membuka warung atau toko sembako, menjadi reseller atau agen berbagai macam produk kecantikan, fashion dan lain sebagainya.

Jika dari awal Anda memang memiliki niat untuk berbisnis dan menjadi pebisnis sukses, ada kalanya Anda mulai menerapkan hal-hal positif agar bisnis yang akan Anda kembangkan bisa berjalan dengan maksimal. Nah kali ini, Super akan membagikan beberapa tips sukses menjalankan bisnis sambil mengurus rumah tangga. Apa saja tips itu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

 

1. Pintar Membagi Waktu

Menjalankan bisnis sambil mengurus tugas rumah tangga memang tidak mudah. Jika Anda ingin menjadi ibu sekaligus perempuan karir, tentu Anda perlu membagi waktu. Mana waktu yang tepat untuk berbisnis dan mana waktu yang tepat untuk mengurus keperluan rumah tangga keluarga Anda. Pikirkan secara matang tentang pembagian waktu antara bisnis dan keluarga  agar tidak merusak atau membebani Anda nantinya.

Anda bisa memulai bisnis pada pagi hingga sore hari, ketika anak dan pasangan Anda sedang tidak berada di rumah. Selanjutnya, Anda bisa bebas untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Namun jika Anda hanya bisa berbisnis di malam hari, Anda perlu untuk mengkomunikasikan hal ini pada pasangan atau keluarga. Jangan sampai bisnis Anda merusak peran Anda sebagai ibu dan istri, begitu pun sebaliknya. Pintar-pintarlah membagi waktu, ya, Ibu Super!

2. Komunikasikan dengan Keluarga

Tips kedua yang perlu Anda perhatikan adalah membangun komunikasi yang baik dengan keluarga. Hal ini sangat penting, terlebih lagi jika Anda memiliki anak yang masih kecil. Mereka masih belum sepenuhnya memahami tentang apa yang akan Anda lakukan. Nah, sebagai ibu, Anda tentu perlu mengkomunikasikan hal ini dengan pelan-pelan pada anak Anda, sehingga mereka akan mengerti dan mendukung Anda untuk mengembangkan bisnis. Namun jika memang si kecil belum bisa mememahami dengan baik dan mengharuskan Anda untuk tetap menjalankan bisnis, siapkanlah alat bermain untuknya, agar mereka bisa merasa tenang dan tidak mengganggu produktivitas Anda.

3. Mengatur Keuangan dengan Baik

Mengatur keuangan ini sangat penting lho, Ibu Super! Anda perlu memisahkan mana keuangan bisnis dan keuangan keluarga. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui lebih jelas dan terperinci mengenai perkembangan keuangan di antara keduanya. Perlu Anda ingat juga, bahwa keuntungan bisnis ini nantinya akan diputar kembali untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Catatlah arus kas bisnis Anda, dan evaluasi manakah yang lebih besar antara pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu, Anda bisa tahu langkah apa yang akan Anda lakukan pada keuangan di bulan berikutnya. Untuk itu, aturlah keuangan bisnis Anda sebaik mungkin, ya, Ibu Super!

4. Punya Komitmen Kuat

Memulai bisnis disela-sela mengurus rumah tangga memang tidak mudah, karena Anda pasti mengalami banyak godaan yang bisa menghambat bisnis yang Anda bangun. Apalagi dalam usaha tersebut terkadang timbul permasalahan yang membuat semangat Anda menjadi drop atau putus asa. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, Ibu Super! Anda pun tetap bisa menjalankan bisnis dengan maksimal berdasarkan minat dan bakat yang Anda miliki. Jadikan hobi Anda sebagai penyemangat untuk tetap konsisten dan berkomitmen dalam berbisnis. Yakin deh, minat dan bakat yang Anda punya inilah yang akan membawa Anda dalam kesuksesan berbisnis! Niatkan hati dan pikiran Anda untuk satu tujuan, dengan begitu Anda tidak akan merasa khawatir tentang kelangsungan bisnis Anda nantinya. Semangat ya, Ibu Super!

5. Jaga Kesehatan

Ada kalanya, pada waktu-waktu tertentu Anda pasti merasakan lelah dan bosan mengerjakan rutinitas tugas secara terus-menerus setiap hari, belum lagi harus menghadapi komplain dari customer yang membeli produk atau menggunakan jasa Anda.  Jika sudah begitu, Anda tetap perlu beristirahat sejenak sambil berkumpul bersama keluarga. Semangat yang tinggi memang diperlukan oleh Anda untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis, tetapi Anda perlu menentukan juga, kapan Anda harus beristirahat dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit menjalani berbagai aktivitas di hari-hari berikutnya. .

 

Nah itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai bisnis sambil mengurus rumah tangga. Berbisnis itu mudah, yang terpenting persiapkan diri dan bangunlah komitmen yang kuat, karena dari sinilah pondasi bisnis itu berdiri. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda, ya!