Tips Meningkatkan Omzet Toko Kelontong yang Wajib Sedulur Ketahui

Agar omzet toko kelontong lebih meningkat, simak tips di bawah ini.

Banyak yang sangat tergiur untuk memulai dan menjalankan bisnis toko kelontong. Banyak hal yang membuat bisnis toko kelontong menggiurkan, pertama kita tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan pemasukan, toko kelontong bisa kita jalankan di bagian depan rumah kita. Kedua, bisa sebagai pekerjaan sampingan namun keuntungan yang masuk bisa lebih besar dari pekerjaan utama. Ketiga, kebutuhan masyarakat akan sembako tidak akan pernah habis.

Namun, kenyataannya menjalankan toko kelontong tidak semudah ketiga hal di atas. Banyak dinamika keuangan dan beberapa perencanaan dan strategi bisnis yang perlu kita pikirkan secara serius agar toko kelontong kita mendapatkan omzet yang terus meningkat. Ada beberapa tips yang bisa Sedulur Super terapkan untuk toko kelontong Sedulur yang sedang dijalankan agar omzet toko kelotong semakin meningkat. Apa saja tipsnya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Super Center, Program Super dari Aplikasi Super

Tips Meningkatkan Omzet Toko Kelontong

1. Cek Kembali Harga Barang yang Dijual di Toko Kelontong

Setiap pelanggan pasti sangat menyukai harga yang murah, terutama harga sembako murah, tidak akan lama pasti diserbu oleh masyarakat. Sudah menjadi hal umum bagi setiap orang yang menyukai harga murah. Jika toko kelontong Sedulur menjual beras super dengan kualitas terbaik dan memiliki harga yang murah, sudah pasti toko kelontong Sedulur akan ramai dikunjungi oleh pelanggan.

Hal sebaliknya akan terjadi, toko kelontong Sedulur akan sangat sepi jika menawarkan harga yang mahal. Untuk mengetahui ini, maka Sedulur sangat wajib cek harga barang yang dijual di toko kelontong Sedulur. Jangan lupa melakukan perbandingan harga dengan toko kelontong saingan. Memainkan harga merupakan strategi yang umum dilakukan dalam persaingan toko kelontong.

Jangan ragu untuk bersaing harga, walaupun hanya berbeda 100 rupiah saja. Hal tersebut sudah sangat berarti bagi para pelanggan. Jika toko kelontong Sedulur Super memiliki harga yang murah sekaligus juga kualitas yang bagus, toko kelontong Sedulur akan ramai dikunjungi dan dikulak oleh masyarakat. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi omzet toko kelontong yang Sedulur jalani.

2. Mencari Tahu Barang yang Paling Dibutuhkan Masyarakat

Mencari tahu jenis sembako apa yang paling dibutuhkan masyarakat sudah menjadi hal yang wajib Sedulur lakukan dalam menjalankan bisnis toko kelontong. Bahkan jika perlu Sedulur lakukan dengan serius dengan melakukan riset atau survey. Tidak usah ragu untuk melakukan riset dan survey secara langsung kepada pelanggan, hal ini juga akan memberikan dampak positif bagi pelanggan. Karena pelanggan akan merasa diperhatikan kebutuhannya, dan juga pelanggan akan merasa nyaman untuk kulak sembako di toko kelontong yang Sedulur Super jalankan.

Sembako yang paling umum dicari adalah beras. Beras yang diolah menjadi nasi merupakan makanan pokok wajib yang selalu dikonsumsi oleh masyarkat. Tidak jarang, banyak masyarakan yang kulak beras atau melakukan transaksi beras dengan jumlah yang banyak. Masyarakat selalu melakukan transaksi pembelian beras dengan jumlah besar dan banyak untuk stok kebutuhan sehari-hari mereka. Jika Sedulur Super sudah yakin bahwa beras merupakan sembako yang paling banyak dicari dan dibutuhkan, selain menambah stok beras lebih banyak, Sedulur juga bisa menambah jenis beras yang Sedulur jual. Misalkan menambah jenis beras dengan kualitas beras super atau beras organik. Hal ini akan memberikan lebih banyak pilihan bagi pelanggan Sedulur dan akan membuat toko kelontong Sedulur semakin ramai. Toko kelontong ramai dikunjungi, barang di Toko Kelontong Sedulur banyak yang membeli, omzet toko kelontong Sedulur pun akan semakin meningkat dan toko kelontong Sedulur bisa lebih berkembang lagi.

3. Meningkatkan Pelayanan Toko Kelontong

Membuat pelanggan nyaman dan memastikan pelanggan datang dan belanja di toko kelontong Sedulur adalah hal wajib yang Sedulur lakukan untuk meningkatkan omzet toko kelontong. Hal kunci untuk menjalankan tips ini adalah dengan melakukan komunikasi yang baik. Lakukan pelayanan lebih maksimal lagi, seperti menyapa pelanggan dengan ramah, menanyakan kebutuhan yang dicari pelanggan, mengambilkan barang yang akan dibeli oleh pelanggan. Satu hal yang bisa Sedulur lakukan adalah menanyakan sembako apa yang sering dibutuhkan oleh pelanggan, dan jika bisa Sedulur pastikan bahwa toko kelontong Sedulur akan memberikan harga murah dan diskon untuk pelanggan setia dan pelanggan tetap.

Hal ini akan menarik hati pelanggan dan pelanggan akan merasa nyaman untuk kulak sembako di toko kelontong atau grosir sembako yang Sedulur jalankan. Pelanggan pun akan mengabarkan pelayanan toko kelontong Sedulur ke teman dan tetangga mereka. Hal ini akan baik untuk citra toko kelontong Sedulur dan akan banyak pelanggan yang bertambah yang kulak sembako di toko kelontong Sedulur. Toko kelontong Sedulur semakin ramai, omzet toko kelontong pun akan semakin meningkat.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Toko Kelontong

4. Memilih Agen atau Supplier Sembako

Cermat memilih penyalur toko kelontong Sedulur juga adalah salah satu strategi untuk meningkatkan omzet toko kelontong Sedulur. Pilih agen penyalur sembako yang dapat memberikan harga murah dan kualitas sembako terbaik. Semua hal itu bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan sebuah platform digital yang menjaring banyak pengusaha sembako. Kulak sembako untuk kebutuhan stok toko kelontong Sedulur akan membuat toko kelontong Sedulur untung melimpah dan secara pesat meningkatkan omzet toko kelontong Sedulur.

Hal tersebut karena Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan hidup masyarakat. Misi tersebut diaplikasikan oleh Aplikasi Super dengan menawarkan harga yang super murah, kualitas pelayanan terbaik, dan gratis ongkos kirim. Selain itu, toko kelontong Sedulur juga bisa didaftarkan untuk bergabung menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Melalui Mitra Super Center ini, banyak keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan, salah satunya adalah pelatihan bisnis untuk menambah ilmu bisnis Sedulur dalam menjalankan toko kelontong dan promosi toko kelontong Sedulur di media nasional yang diberikan oleh Aplikasi Super secara gratis. Hal ini akan menambah lingkup toko kelontong Sedulur semakin luas. Bagi Sedulur yang menjalankan toko kelontong di kota Surabaya dan sekitarnya bisa langsung menggunakan Aplikasi Super sebagai penyedia kebutuhan toko kelontong Sedulur agar Sedulur bisa mendapatkan omzet toko kelontong yang lebih banyak lagi.

Bagi Sedulur Super sekalian yang belum download Aplikasi Super, bisa klik disini untuk download Aplikasi Super saat ini juga. Buktikan dan rasakan secara langsung manfaat dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super, bahwa semua itu bukan hanya wacana semata.