Tips Mengatasi Kerugian Kulakan Sembako di Tengah Pandemi

Berbagi tips mengatasi kerugian saat kulakan sembako di tengah pandemi. Sedulur Super harus baca sampai akhir!

Kulakan sembako memang jadi peluang bisnis yang menguntungkan. Bagaimana tidak, sembako merupakan kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Kulakan sembako menjadi bisnis yang menguntungkan karena selalu dibutuhkan setiap saat oleh masyarakat kita. Meski menjadi bisnis yang menguntungkan, bukan berarti Sedulur lengah. Sedulur tetap harus memperhatikan setiap risiko yang ada. 

Hal ini bertujuan untuk mengatasi kerugian kulakan sembako terlebih lagi di tengah pandemi seperti ini. Seperti yang Sedulur tahu, di saat pandemi, beberapa pebisnis banyak mengalami kerugian. Sedulur pasti tidak ingin hal itu terjadi pada Sedulur, bukan? Untuk itu, Sedulur perlu adanya strategi agar toko kelontong milik Sedulur tidak mengalami rugi. Tapi, apa saja sih yang perlu Sedulur lakukan untuk mengatasi kerugian kulakan sembako di tengah pandemi? Yuk Sedulur, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Perhitungan yang Pas

Tips mengatasi kerugian kulakan sembako di tengah pandemi yang pertama yaitu melakukan perhitungan yang pas. Hal ini sangat penting dilakukan oleh Sedulur. Seringkali para pebisnis sembako meremehkan hal ini. Padahal saat memulai suatu bisnis sembako, tentu Sedulur harus memikirkan berapa jumlah stok sembako. Pastikan juga untuk menghitung modal bisnis yang Sedulur keluarkan. Sedulur harus melakukan perhitungan yang pas agar tidak terjadi kerugian saat kulak sembako nantinya.

Selain mengatasi kerugian kulakan sembako, dengan melakukan perhitungan yang pas terhadap stok barang, mencatat transaksi jual beli serta hal lainnya, maka akan membantu Sedulur untuk mengembangkan bisnis. Terlebih lagi jika Sedulur memiliki toko kelontong. Jadi, jangan sampai melewatkan hal ini ya, Sedulur!

2. Promosi di Media Sosial

photo by freepik

Tips mengatasi kerugian kulakan sembako di tengah pandemi yang kedua yaitu melakukan promosi di media sosial. Seperti yang Sedulur tahu, di beberapa daerah dan kota di Indonesia sedang menerapkan PSBB. Banyak toko-toko maupun tempat bisnis lainnya yang tutup karena pengunjungnya berkurang. Sehingga membuat bisnisnya banyak mengalami kerugian. Tentu hal seperti ini tidak dirapakan oleh Sedulur bukan? Nah, untuk itu perlu ada strategi lain agar kulakan sembako di toko kelontong milik Sedulur berjalan dengan lancar meski di situasi pandemi. Salah satu caranya yaitu mempromosikan kulakan sembako melalui media sosial.

Jangan salah, mempromosikan bisnis di media sosial dan marketplace menjadi salah satu alternatif lho, Sedulur. Karena sebagian besar masyarakat Indonesia pada saat ini memilih untuk berbelanja secara online. Ini kesempatan besar bagi Sedulur untuk mempromosikan bisnis atau kulak sembako milik Sedulur. Dengan mempromosikan ke media sosial, Sedulur tidak perlu khawatir mengalami kerugian, karena berbisnis di media sosial tidak akan ada matinya. Dan yang paling utama, semakin menambah cuan!

3. Tingkatkan Pelayanan

Tips mengatasi kerugian kulakan sembako di tengah pandemi yang ketiga yaitu meningkatkan kualitas pelayanan untuk pelanggan. Terkesan biasa namun tidak boleh diremehkan begitu saja, karena kualitas pelayanan akan menentukan apakah bisnis tersebut mendapat keuntungan atau justru mengalami kerugian. Meningkat pelayanan tentu juga akan memberikan kesan positif dari pelanggan, termasuk toko kelontong milik Sedulur.

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan, yaitu dengan memberikan diskon pada beberapa barang kebutuhan pokok. Siapa sih pelanggan yang tidak suka dengan diskon? Dengan memberikan diskon, pelanggan akan lebih sering berbelanja di toko kelontong Sedulur. Diskon ini bisa Sedulur berikan pada pelanggan lama maupun yang baru berbelanja di toko Sedulur. Selain diskon, Sedulur bisa memperbanyak variasi barang sembako di toko kelontong Sedulur. Cara ini ternyata ampuh untuk membuat pelanggan betah belanja, lho. Jika sudah begini, kulak sembako tidak akan mengalami kerugian, kan?

4. Pasang Harga yang Pas

Tips mengatasi kerugian kulakan sembako di tengah pandemi yang keempat yaitu memasang harga yang pas. Harga yang pas disini yaitu tidak terlalu murah maupun mahal. Memasang harga yang murah memang sangat baik untuk menarik minat pelanggan agar berbelanja di toko kelontong Sedulur, namun jika terlalu murah bukan membuat pelanggan merasa senang, malah justru curiga. Karena mereka percaya kualitas berbanding lurus dengan harga. Selain tidak membuat pelanggan curiga, memasang harga terlalu murah juga akan merugikan Sedulur, lho.

Begitu pula ketika Sedulur memasang harga terlalu mahal. Pelanggan akan lebih memilih toko kelontong lain yang memiliki harga barang lebih murah. serba salah memang. Untuk itulah, usahakan Sedulur memasang harga yang pas, tidak terlalu murah, juga tidak terlalu mahal.

5. Perbarui Stok Barang

Tips mengatasi kerugian kulakan sembako di tengah pandemi yang terakhir yaitu rajin memperbarui stok sembako di toko kelontong Sedulur. Nah, poin ini sangat penting untuk Sedulur lakukan. Dengan memperbarui stok sembako, akan membuat pelanggan merasa senang berbelanja di toko kelontong milik Sedulur karena bisa membeli barang yang mereka inginkan. 

Bisa jadi para pelanggan akan memborong stok sembako tersebut. Jadi, Sedulur tidak akan mengalami kerugian. Selain itu, dengan memperbarui stok sembako akan membuat toko kelontong Sedulur tampak penuh dan rapi. Bukankah toko kelontong yang rapi dan tampak penuh adalah idaman bagi setiap pemilik toko kelontong? Jadi, mulai sekarang jangan lupa untuk selalu perbarui stok barang di toko kelontongmu ya, Sedulur!

Berbicara tentang memperbarui stok barang di toko kelontong, Sedulur bisa lho belanja melalui Aplikasi Super. Aplikasi Super adalah aplikasi untuk kulak barang kebutuhan pokok atau sembako dengan mudah dan mendapatkan harga murah. Dengan kulak sembako melalui Aplikasi Super, Sedulur tidak perlu khawatir jika stok barang di toko kelontong mulai menipis. Sedulur bisa langsung pesan barangnya melalui aplikasi, dan barangnya akan sampai ke toko kelontong Sedulur keesokan hari, dapat harga murah lagi!

Nah itulah beberapa tips mengatasi kerugian kulakan sembako di tengah pandemi yang bisa Sedulur coba. Jadi, apakah Sedulur sudah download Aplikasi Super? Jika belum, segera download aplikasinya sekarang dan nikmati berbagai kemudahan serta promo menarik lainnya! Sedulur bisa download Aplikasi Super melalui Playstore. Ketikkan “Superagen” pada kolom pencarian, lalu pilih aplikasi Super yang berlogo “SUPER” atau bisa klik langsung di sini.