7 Cara Efektif Mengatur Keuangan untuk Bisnis

7 Cara Efektif Mengatur Keuangan untuk Bisnis – Mengatur keuangan sangat penting untuk Anda lakukan, tidak hanya untuk keluarga namun untuk bisnis Anda. Pada era seperti ini, siapa sih yang tidak membutuhkan uang? Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, tentu Anda pu

n membutuhkan modal yang besar. Untuk itu, Anda perlu mengatur keuangan dengan baik agar bisnis tersebut bisa terus berkembang dan lancar.

Menjalankan sebuah bisnis tentu tidak hanya tentang menghasilkan uang, namun perlu mengelola dan mengontrol keuangan. Hal ini dilakukan agar membuat bisnis Anda bisa saja menghasilkan keuntungan.

Meski bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis rintisan atau bisnis kecil, Anda tetap perlu memanajemen keuangan dengan baik agar pendapatan yang Anda peroleh nilainya lebih besar daripada pengeluaran. Tentu Anda perlu melakukan strategi dalam memanajemen keuangan agar berjalan dengan baik.

Lalu, apa saja sih, yang perlu Anda lakukan dalam mengatur dan mengelola keuangan dengan baik? Coba deh, simak beberapa tips yang bisa Anda terapkan di bawah ini!

 

1. Pisahkan Keuangan

Photo by Freepik

Tips pertama yang perlu Anda lakukan yaitu pisahkan antara uang pribadi dengan bisnis. Jangan sampai Anda mencampur kedua keuangan ini jika tidak ingin keuangan Anda berantakan. Anda harus mampu membagi mana yang termasuk keuangan pribadi dan keuangan untuk bisnis. Tahukah Anda? Selain membuat keuangan jadi berantakan, tidak memisahkan keuangan akan berakibat pada modal bisnis. Kemungkinan untuk kekurangan modal bisa saja terjadi. Lalu bagaimana cara agar keuangan pribadi dan bisnis tidak tercampur? Anda bisa membuat dua rekening yang berbeda. Mana rekening untuk pribadi dan mana rekening untuk bisnis. Dengan pakai cara ini, tentu akan memudahkan Anda mengelola dan mengatur keuangan dengan baik. Bisnis yang Anda jalankan lancar, uang pribadi pun aman!

 

2. Rencanakan Penggunaan Dana

Photo by Freepik

Tips kedua yaitu merencanakan penggunaan dana. Dengan melakukan hal ini, keuangan Anda akan lebih teratur dan sistematis. Anda perlu memastikan dengan jelas dana yang Anda punya akan dipergunakan untuk keperluan apa saja. Tentunya Anda perlu menyesuaikan dengan pemasukan kas bisnis Anda sendiri.

 

3. Sisihkan Keuntungan untuk Modal

Photo by Freepik

Tips ketiga yaitu menyisihkan keuntungan bisnis. Keuntungan bisnis ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pribadi, sisanya bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis. Maka dari itu, Anda tidak boleh mempergunakan semua keuntungan bisnis hanya untuk keperluan pribadi. Anda tetap harus menyisihkan uang hasil keuntungan sebagai modal bisnis. Misalnya, Anda bisa membeli perlengkapan kantor atau tempat bisnis Anda agar terlihat menarik dan nyaman.

 

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Photo by Freepik

Jangan salah, membayar tagihan tepat waktu bisa membantu Anda mengatur keuangan dengan baik, lho! Bayangkan saja jika Anda terlambat membayar tagihan, entah itu hutang, pembayaran pajak, pinjaman bank atau lainnya. Pasti Anda akan mendapatkan denda, dimana denda ini bisa berupa bunga pinjaman atua tagihan. Pastnya akan menguras keuangan Anda, bukan? Keuangan Anda yang seharusnya jadi pemasukan malah jadi pengeluaran yang sangat besar. Tentu Anda akan merasa rugi. Untuk itu, sebisa mungkin bayarlah dengan tepat waktu dan jangan sampai melebihi batas jatuh tempo. Bisnis aman, hati jadi tenang!

 

6. Menyiapkan Dana Darurat

Photo by Freepik

Menyiapkan dana darurat juga tidak boleh Anda remehkan begitu saja. Seberapa penting sih, dana darurat itu? Dana darurat ini sangat berguna bagi Anda ketika Anda membutuhkan sesuatu dengan kondisi yang mendesak. Misalnya, jika omzet bisnis Anda menurun dan mengalami kerugian, untuk memulihkan hal ini Anda butuh dana darurat. Dana inilah yang akan meng-cover kerugian akibat omzet Anda yang menurun. Selain itu, dengan memiliki dana darurat bisnis Anda akan terjaga dan bisa berjalan dengan lancar tanpa mengalami kerugian yang besar. Maka dari itu, yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan dana darurat tersebut mulai dari sekarang. Jangan disepelekan, ya!

 

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam mengatur keuangan bisnis Anda. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah teliti dalam mengatur, jangan sampai keuangan bisnis jadi amburadul. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Semangat berbisnis, ya!