8 Alasan Media Sosial Bisa Jadi Faktor Penentu Kesuksesan Bisnismu

Banyak sekali faktor penentu suksesnya bisnis kita, salah satunya adalah media sosial.

Media sosial saat ini tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat, awalnya media sosial hadir untuk mengatasi masalah permasalahan sosial yang dihadapi di dunia nyata dan sekaligus juga memudahkan interaksi di masa digital saat ini.

Namun tanpa bisa dibendung, saat ini media sosial hampir menentukan setiap aspek kehidupan manusia. Mulai dari persoalan, politik, kebudayaan, hiburan, bahkan hingga persoalan bisnis. Setiap aspek kehidupan memanfaatkan media sosial untuk mencapai kesuksesan.

Dalam berbisnis, saat ini banyak pebisnis yang menggunakan media sosial menjalankan bisnisnya. Baik itu bisnis jasa, makanan atau produk. Media sosial yang saat ini tengah ramai digunakan adalah Instagram. Setiap informasi dari produk bisnis selalu ada di Instagram.

Sebenarnya apa yang menyebabkan media sosial bisa begitu, apa saja alasan media sosial bisa jadi faktor penentu sebuah bisnis?

8 Alasan Media Sosial Bisa Jadi Faktor Penentu Kesuksesan Bisnismu

1. Mencari Tahu Keinginan Pelanggan

Salah satu kunci sukses setiap bisnis yang ada adalah dapat mengenal dan mengerti keinginan pelangannya. Media sosial dapat melakukan hal tersebut. Melalui media sosial, pebisnis bisa mengatahui apa keinginan dan kebutuhan para pelanggan.

Kita ambil contoh seperti saat ini, di tengah masa pandemi Covid-19, banyak kebutuhan akan masker kain dan hand sanitizer pebisnis yang jeli akan melihat ini sebagai peluang dan mulai memproduksikan. Pebisnis juga bisa membuat desain masker berbeda dari yang lainnya dan lebih modern.

Sedulur mungkin sering melihat di toko kelontong atau warung, banyak terjadi perbincangan antara pembeli dan pemilik toko terkait barang dan sebagainya. Proses tersebut merupakan proses mencari tahu keinginan pelanggan. Di dunia digital, peran tersebut dilakukan oleh media sosial.

2. Mencari Target Konsumen Lebih Efektif

Dalam sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram, memiliki fitur khusus yang membantu kita untuk mendapatkan informasi yang diinginkan konsumen. Istilahnya dikenal dengan geo-targetting. Geo-tagetting merupakan langkah efektis untuk mengirimkan pesan kepada targer konsumen secara spesifik berdasarkan lokasi.

Seperti di Instagram terdapat fitur lokasi dari setiap feed yang kita upload. Lokasi tersebut lebih bisa memastikan konsumen terkait produk yang kita tawarkan. Hal ini menunjukan kepercayaan lebih. Seperti yang banyak dilakukan oleh bisnis travel atau jasa tempat tinggal, biasanya dalam masa promosi, mereka selalu menyertakan lokasi tempat di setiap promosi di media sosial.

Baca Juga: Cara Menemukan Ide Bisnis Melalui Media Sosial

3. Mendapatkan Konsumen Baru dan Memperluas Target Pasar

Salah satu manfaat sosial media adalah dapat membantu bisnis kita berkembang sangat pesat, karena kemungkinan mendapatkan konsumen baru dan juga memperluas target pasar bisnis kita. Karena media sosial memiliki algoritma yang akan mengarahkan calon konsumen kita ke produk bisnis kita sesuai dengan pencarian mereka.

Jika secara manual, mendapatkan konsumen baru dan memperluas target harus menggunakan promosi ke beberapa tempat tertentu, seperti misal jika Sedulur memiliki toko sembako atau grosir sembako, sedulur harus melakukan promosi untuk mendapatkan konsumen baru dengan kampanye dan sebagainya.

Melalu media sosial, Sedulur tidak perlu melakukan itu. Bahkan jika Sedulur memiliki toko grosir sembako, tinggal update menjadi grosir sembako online melalui Aplikasi Super. Aplikasi Super menjaring beberapa pebisnis UMKM yang menjual kebutuhan sembako dengan sistem bagi penghasilan. Basis Aplikasi Super juga melalui media sosial dan digital, bagi Sedulur yang memiliki toko kelontong atau grosir sembako, bisa mulai mencoba Aplikasi Super untuk kulak barang dengan mudah dan mendapatkan harga murah. Karena Aplikasi Super juga memberikan pelayanan terbaik bagi mitranya. Salah satunya dengan mengirimkan barang dengan sangat cepat.

4. Membagikan Informasi Lebih Cepat

Media sosial bisa membantu Sedulur sebagai pebisnis untuk membagikan informasi lebih cepat kepada konsumen. Banyak dari konsumen yang membutuhkan informasi produk tapi kesulitan untuk mendapatkannya.

Media sosial seperti Instagram atau Facebook bisa mengisi kekosongan tersebut. Terlebih, jika informasi yang kita berikan sesuai dengan kebutuhan target konsumen kita. Hal itu akan membuat bisnis Sedulur menjadi semakin laris. Hal ini karena pertemuan antara kebutuhan konsumen dan kesediaan produk dari produsen.

Seperti yang Sedulur dapat lihat saat ini, di tengah masa pandemi virus corona saat ini, semua dari kita benar-benar menggantungkan hidup kepada media sosial. Dari mulai bekerja, sekolah hingga belanja bisa dilakukan secara online melalui platform media sosial.

Baca Juga: Kisah Inspiratis Pendiri Aplikasi Super

5. Lebih Dekat Dengan Konsumen

Para pebisnis tidak bisa menjangkau semua konsumen atau pelanggannya. Sementara itu, salah satu keberhasilan produk kita di pasar adalah kedekatan kita dengan konsumen. Hal ini bisa dilakukan oleh media sosial.

Sekat atau batas-batas yang membuat kita tidak bisa dekat dengan konsumen, bisa diatasi oleh media sosial. Kita bisa berkomunikasi dengan konsumen melalui akun media sosial bisnis kita. Kita juga bisa mendengarkan keluh-kesah konsumen terkait dengan produk kita dan memperbaiki kesalahan dari produk bisnis kita.

6. Promosi Lebih Luas dengan Biaya Minim

Seperti yang Sedulur sudah ketahui, bahwa media sosial merupakan media promosi yang mudah dan efektif. Banyak yang menggunakan media sosial sebagai media promosi, baik itu institusi negara, institusi pendidikan, pebisnis hingga artis sekalipun menggunakan media sosial sebagai media promosi.

Media sosial juga akan meningkatkan brand awareness dengan tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Kita hanya perlu posting di media sosial secara rutin dan teratur. Media sosial memang memiliki kekuatan yang lebih, terutama aspek jejaring secara digital.

Hal ini juga yang dilihat peluang oleh Aplikasi Super, menjaring para pengusaha UMKM, terutama yang bergerak di usaha sembako, untuk dapat menjual dan menyalurkan sembako lebih luas lagi. Selain itu semakin dimudahkan dengan adanya Super Agen yang siap mengantar pesanan.

Hal tersebut disadari karena media sosial memang dapat menentukan kesuksesan sebuah bisnis, terutama di era digital dan era pandemi saat ini, sebagaimana yang bisa Sedulur lihat yang dilakukan oleh Aplikasi Super. Oiya, sedulur sudah download Aplikasi Super belum nih? Yuk, klik di sini download sekarang biar tetap cuan dari rumah.