7 Tips Super Membuka Usaha Sembako dan Toko Kelontong

Usaha Sembako dan Toko Kelontong Merupakan Sumber Kehidupan bagi Pebisnis dan Juga Pembeli.

Sebagian dari Sedulur Super mungkin berpikir bahwa memiliki toko kelontong adalah sebuah kesuksesan. Tidak ada yang salah dengan pikiran tersebut, karena toko kelontong merupakan sebuah usaha yang dapat memberikan pemasukan finansial yang super.

Bagi sebagian Sedulur juga mungkin ada yang berpikir bahwa toko kelontong atau usaha grosir beras merupakan sebuah usaha sampingan, namun nyatanya banyak orang yang menjalankan usaha kelontong sebagai sebuah bisnis utama dan banyak juga yang mendulang kesuksesan super dengan menjalankan bisnis kelontong.

Memang mudah jika memikirkan sebuah kesuksesan orang lain yang menjalankan toko kelontong, namun menjalankannya Sedulur perlu usaha yang super serius dan ketekunan yang lebih. Bagi Sedulur yang ingin mencoba usaha toko kelontong dan membuka usaha sembako, berikut ini ada beberapa tips super yang akan bermanfaat bagi Sedulur. Yuk, mari kita simak tips nya.

Tips Sukes Membukan Usaha Sembako dan Toko Kelontong

1. Rencakan Usaha Dengan Super

Apapun bisnis yang dijalankan, perencanaan yang sangat super matang, merupakan hal yang sangat penting. Perencanaan seputar riset pasar, berapa modal untuk memulai, produk sembako apa yang akan dijual, penyuplai sembako mana yang harus dipercaya, dan siapa target pembeli yang harus dituju. Semuanya harus dipikirkan secara matang.

Karena, di awal membuka toko kelontong biasanya pembeli akan sepi. Mental pengusaha Sedulur akan diuji dalam hal ini. Bagaimana Sedulur super dapat memikirkan inovasi dan promosi yang tepat agar dapat menjaring para pembeli. Terutama di tengah kondisi seperti saat ini yang sedang berada di masa pandemi virus corona.

Baca Juga: Cara Menemukan Ide Bisnis Melalui Media Sosial

2. Pemilihan Tempat Usaha Biar Bisnis Jadi Makin Super

Tempat toko kelontong juga merupakan hal yang super penting untuk dipikirkan. Jika Sedulur kebetulan memiliki tempat yang berpotensi mengantarkan pembeli yang super banyak, Sedulur tinggal memikirkan rencana dan strategi lain. Karena, faktor tempat termasuk hal yang penting.

Bahkan, jika Sedulur  super tidak melakukan perencanaan matang sekalipun, jika Sedulur memiliki tempat yang strategis untuk menjalankan toko sembako, bisnis Sedulur super akan ramai dan banyak dibeli. Sebegitu mempengaruhinya tempat yang strategis untuk usaha kelontong.

Tipe tempat yang strategis biasanya berada di pinggir jalan utama sebuah daerah. Karena akan dilalui oleh banyak orang. Tempat usaha yang luas juga akan mempengaruhi ramainya pengunjung yang datang. Karena dengan tempat usaha yang luas, Sedulur super akan dapat menampung banyak pengunjung. Jika hal ini dilihat oleh orang lain, akan menarik perhatian orang lain untuk juga berkunjung ke toko kelontong sedulur super.

3. Perhitungkan Modal Secara Super Tepat

Modal merupakan hal utama dalam menjalankan sebuah bisnis, terutama untuk toko kelontong. Sedulur super harus memiliki rincian modal toko sembako, biaya pembelian barang, biaya sewa tempat dan biaya operasional.

Pada bulan pertama biasanya Sedulur super harus fokus memikirkan bagaimana biaya modal yang telah dikeluarkan bisa kembali, baru setelahnya memikirkan bagaimana mengumpulkan keuntungan dan memutarkan uang untuk belanja di aplikasi super.

Baca Juga: Media Sosial Menjadi Faktor Penentu Suksesnya Sebuah Bisnis

4. Peralatan dan Perlengkapan Toko Kelontong yang Super

Jika diibaratkan dalam sebuah perang, peralatan dan perlengkapan toko kelontong merupakan senjata yang harus Sedulur miliki. Peralatan seperti etalase, meja, kursi, rak harus sedulur miliki untuk menyimpan sembako yang akan Sedulur jual.

Perlengkapan seperti keranjang belanja bagi pengunjung pun harus Sedulur pikirkan. Karena ini berkaitan dengan kenyamanan pelanggan. Hal itu akan mempengaruhi pelanggan untuk kembali belanja ke toko kelontong yang Sedulur super jalankan.

5. Perhatikan Tata Letak Barang dan Kebersihan Tokomu Biar Makin Super Penampilannya

Letak sembako yang Sedulur super simpan juga akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan. Semakin rapih dan tertata barang yang Sedulur jual, akan semakin memudahkan pelanggan untuk memilih barang yang akan diberi. Terutama jika Sedulur menjual sembako seperti beras, telur, minyak dan gula. Kebersihan toko harus super ekstra diperhatikan.

Karena menjual barang sembako biasanya akan cepat membuat toko kotor dan berbau. Hal ini harus dipikirkan oleh Sedulur super, untuk memastikan pelanggan tetap nyaman berkunjungi dan membeli barang danganan Sedulur.

6. Berikan Diskon dan Promosi Super

Setiap pembeli sangat menyukai diskon super. Lakukan promosi super secara berkala, dengan memberikan potongan harga super. Jika Sedulur super berpikir akan sulit memberikan diskon karena akan sulit mendapatkan keuntungan. Sedulur super bisa menyiasati dengan menjadi agen penyalur atau penyuplai barang yang dapat memberikan harga murah kepada Sedulur super.

Dengan mendapatkan harga beli barang sembako yang super murah, Sedulur super juga bisa menjual lebih murah dan menjadikannya sebagai sebuah promosi dan diskon. Dengan begitu pembeli akan semakin berdatangan ke toko kelontong yang Sedulur super jalankan.

7. Gabung di Aplikasi Super untuk Menjalankan Toko Kelontong Sedulur

Apakah ada agen atau pemasok sembako yang memberikan harga murah? Jawabannya tentu saja ada. Sedulur hanya perlu menggunakan Aplikasi Super untuk membuktikannya. Aplikasi Super merupakan sebuah platform yang menjaring beberapa pengusaha sembako dan menawarkan harga yang murah. Sedulur bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan menjualnya kembali sehingga Sedulur bisa mendapatkan untung.

Selain itu, Aplikasi Super juga memiliki wadah bernama Mitra Super Center, Sedulur bisa bergabung menjadi bagian Mitra Super Center. Akan ada banyak potongan harga, dan Sedulur juga akan mendapatkan pelatihan seputar bisnis. Lebih penting lagi, Sedulur akan diprioritaskan jika melakukan pembelian barang.

Melalui Aplikasi Super juga Sedulur tidak perlu repot berpergian untuk membeli sembako atau barang dagangan. Sedulur hanya perlu memilih barang melalui aplikasi, dan Super Agen akan mengantarkan barang yang Sedulur beli. Selain itu, Sedulur tidak perlu memikirkan biasa ongkos kirim, karena Aplikasi Super memberikan gratis ongkir untuk setiap pembelian barang melalui aplikasi.

Apakah Sedulur semakin yakin dan mantap untuk memulai usaha sembako dan toko kelontong? Jika iya, Sedulur tinggal download Aplikasi Super dengan klik di sini untuk download Aplikasi Super dan rasakan langsung kemudahannya.