6 Komponen Penting Dalam Berbisnis

Pelajari Komponen Bisnis ini, Agar Bisnis Kita Berjalan dengan Lancar!

Jika Sedulur Super sudah menemukan ide bisnis dan mantap untuk menjalankannya, Sedulur Super juga harus mengetahui beberapa komponen penting dalam berbisnis, bagaimana agar bisnis bisa berjalan sesuai rencana.

Hal ini penting untuk dilakukan, agar bisnis yang dijalankan tidak mudah goyah. Kita sama-sama mengetahui bagaimana para pelaku bisnis begitu kesulitan di tengah masa pandemic Covid-19 saat ini. Namun, jangan kalah dengan kondisi.

Komponen penting yang perlu diketahui dalam berbisnis akan bisa memberikan jalan keluar di tengah kondisi sulit seperti apapun. Salah satunya dengan perencanaan bisnis yang matang. Berikut daftar komponen bisnis yang penting untuk diketahui.

6 Komponen Penting Dalam Berbisnis

1. Deskripsi Bisnis

Komponen pertama ini sangat penting, tujuannya untuk menjelaskan bidang usaha atau bisnis apa yang kita jalankan. Dengan membuat deskripsi bisnis tersebut, kita akan mengetahui potensi produk bisnis kita dan termasuk juga memperkirakan masalah yang akan dihadapi.

Deskripsi bisnis juga akan membantu setiap orang yang kemudian akan terlibat dalam bisnis kita. Pengembangan yang perlu ditingkatkan dan potensi masalah apa yang perlu dicegah akan tidak terjadi. Walaupun kondisi virus corona seperti yang sedang berlangsung saat ini, hampir semua pelaku bisnis tidak bisa memprediksikannya.

Baca Juga: Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis

2. Strategi Pemasaran

Pemasaran merupakan hal tidak kalah penting juga dalam menjalankan bisnis. Strategi pemasaran diperlukan untuk menjual produk bisnis yang kita miliki. Penting untuk diketahui, bahwa strategi pemasaran ditentukan berdasakan hasil analisis pasar yang telah kita lakukan.

Analisis pasar yang kita lakukan akan memberikan siapa target pembeli kita. Setelah mengetahui siapa target pembeli produk bisnis kita, kita baru bisa memikirkan strategi apa yang tepat untuk mendapatkan perhatian target pembeli.

Penyusunan strategi bisa dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. SWOT merupakan singkatan dari Strengt, Weakness, Opportunities, dan Threats. Melalui analisis SWOT evaluasi kelebihan, kelemahan, peluang dan potensi masalah akan bisa diprediksi.

3. Menganalisis Pesaing Bisnis

Analisis terhadap pesaing bisnis bukan sebuah kecurangan, justru merupakan hal yang lumrah dilakukan dalam dunia bisnis. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan tentang kondisi bisnis pesaing kita. Dari situ, kita bisa mulai menyusun strategi bisnis kita.

Selama persaingan yang terjadi merupakan persaingan sehat, hal tersebut akan membawa bisnis kita dan pesaing bisnis kita semakin berkembang. Kita wajib mengetahui kekuatan dan kelemahan dari bisnis pesaing.

Berdasarkan itu, kita mencari celah kosong apa yang bisa kita isi untuk menjadi kekuatan bisnis kita dibandingkan dengan para pesaing bisnis kita. Persaingan biasanya terjadi pada sektor pemasaran dan promosi. Tidak usah getir jika Sedulur Super menghadapi kondisi seperti ini.

4. Desain Pengembangan

Perencanaan desain pengembangan merupakan komponen bisnis yang perlu diketahui selanjutnya. Komponen ini diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan.

Selain dapat bermanfaat untuk mengetahui rencana usaha ke depannya, desain pengembangan juga akan membantu untuk melakukan rencana pembiayaan usaha. Bisnis apapun itu, rencana pembiayaan merupakan hal penting untuk dilakukan.

Seperti contoh dalam bisnis toko kelontong, merancang strategi dan pengembangan akan membuat distribusi bisnis toko kelontong menjadi lebih cepat. Media digital juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk desain pengembangan.

Bagi para pelaku usaha toko kelontong, bisa mencoba Super Agen untuk menambah referensi pembelian bahan sembako. Aplikasi Super menjaring para pelaku usaha UMKM sembako dalam sebuah wadah bernama Super Center. Hal tersebut akan sangat bermanfaat dalam mengembangkan bisnis toko kelontong.

5. Rencana Operasional dan Manajemen

Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana bisnis akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional ini akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan dan bagaimana kebutuhan operasional tiap harinya berjalan lancar.

Seperti misalnya tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan, serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

Jangan pernah menyepelekan setiap komponen dalam perencanaan bisnis, termasuk juga poin ini. Setiap komponen dalam bisnis merupakan hal yang penting, dan memastikan semua komponen bisnis berjalan adalah keharusan bagi kita sebagai seorang pengusaha.

6. Menghitung Pembiayaan

Ini menjadi komponen paling penting dalam sebuah bisnis. Hal ini bukan bermaksud mengecilkan komponen lainnya, ibarat tubuh menghitung pembiayaan merupakan jantung yang mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh.

Perhitungan pembiayaan yang akan memastikan setiap komponen bisnis kita berjalan dengan lancar. Perhitungan pembiayaan dari mulai berasal dari mana sumber dana yang didapat, mengatur anggaran agar efisien dan memastikan bisnis berjalan lancar merupakan peran dari perhitungan pembiayaan.

Setelah mengetahui komponen yang penting dalam berbisnis, bagi para Sedulur Super yang sudah memiliki bisnis, keenam komponen bisnis di atas bisa mulai dipraktikan. Namun, jika Sedulur Super ingin memulai melaksanakan bisnis dari nol dan benar-benar membangun bisnis dari awal, Sedulur Super bisa memulainya dengan menjadi mitra dari bisnis yang sudah ada.

Menjadi mitra bisnis bisa kita jadikan sebagai praktik untuk belajar berbisnis, sekaligus juga secara bertahap kita bisa mengumpulkan modal untuk memulai bisnis sendiri di masa depan.

Pengalaman tersebut bisa kita dapatkan dengan menjadi mitra Super Agen, yang menjaring para agen penjual sembako. Super Agen juga menjalankan bisnisnya secara online melalui sebuah aplikasi super. Selain mendapatkan penghasilan, pengalaman berharga juga bisa kita dapatkan dengan menjadi Sudulur Super.

Sudah download aplikasinya belum nih? Yuk, klik di sini untuk download aplikasi Super Agen sekarang, biar tetap cuan dari rumah.