5 Cara Menemukan Inspirasi Bisnis Lewat Media Sosial

Dengan Cara Ini, Inspirasi Bisnis Bisa Kita Temukan!

Sedulur Super mungkin sering mendengar istilah yang menyatakan bahwa memulai lebih mudah dari pada mempertahankan. Tapi, nyatanya, memulai sama sulitnya dengan mempertahankan. Kesulitan juga dialami bagi kita yang ingin memulai sebuah bisnis.

Pertanyaan yang muncul saat memutuskan untuk berbisnis biasanya seputar bisnis apa yang harus dijalani? Dari mana inspirasi bisnis bisa didapatkan? Lantas, setelah mendapatkan ide, bagaimana cara merealisasikannya?

Langkah pertama yang harus diyakini adalah bahwa setiap pertanyaan yang berkelindan dalam pikiran tersebut akan ada jawabannya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan ide atau inspirasi bisnis. Salah satu yang paling ampuh mencari melalui media sosial.

5 Cara Menemukan Inspirasi Bisnis Lewat Media Sosial

Media sosial saat ini memiliki peran yang begitu penting bagi kehidupan kita, apapun bisa kita lakukan melalui media sosial, termasuk menjalankan bisnis. Inspirasi bisnis banyak sekali yang bisa kita dapatkan di media sosial. Kita hanya perlu mencermati 5 cara dibawah ini:

1. Lakukan Riset Bisnis dan Produk

Riset merupakan langkah penting untuk mencari dan menemukan inspirasi bisnis. Kita bisa meriset bisnis apa yang sekiranya sedang ramai dan sedang dibutuhkan. Kita ambil contoh, sembako merupakan kebutuhan utama masyarakat.

Beras, gula, minyak dan bahan pokok lainnya selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Walaupun kemudian kita akan berpikir bahwa telah banyak yang melakukannya, namun masih ada celah yang bisa kita lakukan. Yaitu, melakukan metode bisnis dengan cara berbeda.

Jika biasanya sembako dijual dengan metode umum, kita bisa memadukannya dengan kemajuan teknologi digital. Seperti misal menjual sembako melalui grosir sembako online. Seperti yang dilakukan oleh Super Agen, yang menjaring para agen penyalur sembako melalui sebuah aplikasi digital.

Satu hal lain yang perlu dilakukan adalah melakukan riset produk. Jika kita telah menemukan ide bisnis, kita harus secara matang menyiapkan produk yang ingin kita jual. Produk ini yang akan berperan penting dalam bisnis yang kita jalankan. Banyak contoh produk yang telah mapan berjalan. Kita bisa mengikuti langkah mereka memulai dan menjalankan.

Baca Juga: Ide Bisnis dan Resep Jajanan di Bulan PuasaMempelajari Masalah dan Jalan Keluar dari Tiap Pelaku Bisnis

2. Mempelajari Masalah dan Jalan Keluar dari Tiap Pelaku Bisnis

Perkembangan media sosial yang tengah berjalan ini memberikan kita informasi lebih mengenai segala aspek, termasuk banyak para pelaku bisnis yang membagi cerita mereka memulai dan menjalankan bisnis. Mereka telah menemui berbagai macara permasalahan dan memikirkan jalan keluarnya.

Serap dan pelajari sebanyak mungkin gagasan, ide dan inovasi yang telah dilakukan para pelaku bisnis hingga bisnisnya bertahan dan berkembang pesat. Beberapa metode yang kita dapat melalui media sosial para pelaku bisnis, kita aplikasikan pada bisnis yang kita jalankan.

Amati dan lakukan sedikit modifikasi sesuai dengan kondisi bisnis yang kita hadapi. Mental bisnis kita secara perlahan akan terbentuk, kita akan semakin matang menjalankan bisnis. Jangan takut menghadapi masalah, jalan keluar dan inovasi akan selalu kita temukan.

3. Belajar dari Kesuksesan Para Pelaku Bisnis

Kita juga harus mempelajari kesuksesan bisnis seseorang. Setelah mengamati dan mempelajari masalah dan jalan keluar para pelaku bisnis, kesuksesan mereka juga wajib kita pelajari. Terutama poin bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan.

Hal ini baik untuk dijadikan motivasi bagi kita. Kesuksesan bisnis orang lain akan mendorong kita untuk melampaui batasan yang kadang seringkali kita buat sendiri. Seperti contoh, banyak para mitra Super Agen yang merasakan kesuksesan setelah mereka bergabung dengan Super Agen sebagai mitra menjalankan grosir sembako online.

Sedulur Super bisa mengikuti jejak kesuksesannya, atau bisa melakukan metode yang serupa yang telah mereka lakukan. Intinya adalah kesuksesan dari pelaku bisnis sama pentingnya dengan masalah para pelaku bisnis untuk dipelajari.

Baca Juga: Daftar Sembako yang Paling Laris

4. Mengamati Pesaing

Dalam dunia bisnis, persaingan selalu akan ditemui. Akan selalu banyak pesaing bisnis yang akan kita hadapi, bahkan dengan produk dan metode bisnis yang sama. Jika menemui kondisi seperti ini, jangan jadi minder. Justru sebaliknya, kita harus bersyukur.

Karena kita mendapatkan kesempatan untuk mengamati cara kerja pesaing bisnis kita. Bagaimana caranya? Kita amati dan pelajari kekurangan dari pesaing bisnis kita. Setelah itu, aplikasikan sebagai inovasi pada bisnis yang kita jalankan.

Pesain bisnis juga bisa memotivasi kita untuk lebih baik dalam menjalankan bisnis. Kita bisa mengamatinya secara langsung atau meninjau media sosialnya. Contoh paling mudah yang bisa kita lihat adalah bagaimana pada pedangan di pasar bisa begitu kuat bertahan bersampingan dengan para pesaing mereka.

Jawabannya karena mereka mengamati satu sama lain, saling mempelajari kekurangan satu sama lain, dan mencoba lebih baik dari pesaingnya. Banyak pedagang beras dan grosir di pasar yang berjualan bersebelahan, namun mereka masih bisa tetap bertahan. Kuncinya adalah mengamati dan mempelajari kekurangan pesaing.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stress Bagi Ibu Rumah Tangga

5. Ikuti dan Amati Perkembangan Tren

Tren bisnis yang saat ini tengah ramai yaitu melalui media digital. Banyak inspirasi bisnis, bahkan bisnis itu sendiri dijalankan melalui media sosial dan digital. Seperti yang Sedulur Super ketahui sendiri, Super Agen menjalankan bisnis jaringan agen penyalur barang kebutuhan dalam bentuk aplikasi.

Aplikasi merupakan sebuah media digital yang bisa kita manfaatkan untuk berbisnis, dan seperti itu tren yang tengah ramai dan dijalankan saat ini. Bukan hanya dunia bisnis, media digital dan media sosial bahkan banyak dilakukan dalam aspek lain, contoh pendidikan dan hiburan.

Sebagaimana pepetah yang menyatakan bahwa banyak jalan menuju kota Roma, banyak juga cara untuk menemukan inspirasi bisnis lewat media sosial. Atau mungkin Sedulur Super tertarik untuk bergabung sebagai mitra di Super Agen. Sudah download aplikasinya belum, nih? Yuk, klik di sini untuk download aplikasi Super Agen sekarang, bisa tetap cuan dari rumah.