4 Hal yang Perlu Anda Hindari dalam Memulai Bisnis

Bisnis, Marketing

4 Hal yang Perlu Anda Hindari dalam Memulai Bisnis

Ketika memulai bisnis, seringkali pebisnis merasa sangat bersemangat dan optimis bahwa bisnis yang mereka jalankan akan berjalan dengan lancar. Amun seringkali juga, para pebisnis kurang berhati-hati dalam memasarkan bisnisnya, yang mana berujung kerugian. Apalagi jika hal itu dilakukan oleh pebisnis pemula, yang belum memiliki jam terbang dalam menjalankan bisnis. Apakah Anda juga seperti itu? Tapi tenang aja, karena itu semua bisa Anda atasi dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu Anda hindari ketika baru memulai bisnis. Apa sajakah itu? Coba deh, simak penjelasan di bawah ini!

1. Menambah Produk

Ketika Anda baru saja memulai bisnis, hindari menambah banyak produk karena akan menjadi beban untuk Anda nantinya. Selain itu, menambah produk bukannya memberikan keuntungan, namun bisa membuat kerugian. Untuk itu, Anda hanya perlu fokus dengan satu produk terlebih dulu. Jika bisnis yang Anda jalani mulai berkembang, banyak pelanggan dan mereka butuh banyak variasi produk, barulah Anda boleh menambah variasi produk. 

2. Menambah Pinjaman

Hal kedua yang perlu Anda hindari yaitu menambah pinjaman. Entah itu pinjaman di bank atau tempat pinjaman yang lainnya. Kecuali jika bisnis yang Anda jalankan cukup lancar dan semakin berkembang, barulah Anda boleh menambah limit pinjaman untuk tambahan modal bisnis. 

3. Beli Perlengkapan Mahal

Hal ketiga, hindari membeli perlengkapan yang terlalu mahal. Hindari membeli perlengkapan yang mahal untuk menunjang bisnis Anda. Anda harus belajar menghemat pengeluaran sejak awal berbisnis. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan barang yang Anda punya sebelumnya untuk menjalankan bisnis seperti laptop, handphone, dan lain sebagainya. Jika Anda punya uang lebih, Anda bisa gunakan uang itu untuk membeli keperluan lain yang lebih mendesak. 

4. Memperluas Jaringan Bisnis

Lho, kok memperluas jaringan bisnis tidak boleh? boleh-boleh saja, kok! Memperluas jaringan bisnis memang sangat diperlukan ketika Anda memiliki bisnis. Namun memperluas jaringan bisnis tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bukan? Belum lagi jika Anda masih belum terbiasa melakukan hal ini, malah akan menyulitkan Anda nantinya. Boleh saja Anda memperluas jaringan bisnis, tapi nanti dulu, setelah bisnis Anda yang satu ini lancar. Sekarang, Anda hanya perlu fokus dengan bisnis Anda terlebih dulu sebelum memikirkan hal lain yang membutuhkan banyak usaha dan tenaga. 

4 Hal Wajib Dalam Memulai Bisnis

 

Setelah Anda mengetahui hal apa saja yang perlu Anda hindari dalam memulai bisnis, kini Anda perlu mengetahui 4 hal yang wajib Anda lakukan dalam berbisnis. Apa sajakah 4 hal wajib tersebut? 

1. Membangun Branding

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membangun dan memperkuat branding. Meskipun bisnis yang Anda merupakan bisnis kecil, namun Anda perlu melakukan branding agar bisnis Anda semakin dikenal oleh masyarakat. Branding bisa Anda mulai dengan mempromosikan bisnis atau produk Anda di social media, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya. Identitas brand yang dibangun harus mengandung informasi terkait apa yang dijual, tujuan bisnis Anda, dan seperti apa persaingan bisnis Anda saat ini. Beri tahu kepada calon pembeli apa saja kelebihan yang ada pada produk Anda, dan juga berikan alasan mengapa calon pembeli harus membeli produk Anda. Berbicara tentang brand, membuat calon pembeli tertarik dengan produk yang Anda jual adalah yang terpenting. Buatlah inovasi tentang produk Anda, yang berbeda dengan produk pebisnis lain.

2. Melakukan Riset Pasar

Setiap bisnis tentu miliki ciri khas pasar yang berbeda, sehingga penting sekali untuk Anda melakukan riset pasar ini. Setelah mengetahui tren yang disukai oleh pasar, tentu akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten marketing kedepannya agar setiap strategi marketing yang Anda keluarkan bisa tepat sasaran. Tujuan akhirnya tetap sama, yaitu agar Anda tidak kalah saing dengan usaha sejenis.

3. Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Jangan lupa menjalin hubungan baik dengan pelanggan Anda. Hal ini sangat penting karena loyalitas pelanggan merupakan aset berharga yang Anda miliki. Mereka telah banyak membeli produk Anda sehingga menyumbang pemasukan untuk bisnis Anda secara rutin. Maka itu, jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan yang loyal tersebut di tengah banyaknya persaingan pada produk yang serupa, maka tidak ada salahnya, Anda memberikan sedikit penghargaan kepada pelanggan yang loyal tersebut. Penghargaan tersebut dapat berupa memberikan kartu member, agar pelanggan bisa berbelanja.

4. Evaluasi Bisnis

Tren pasar yang selalu berubah, membuat Anda harus rajin melakukan riset kecil-kecilan. Tujuannya yaitu agar Anda bisa memahami kepuasan pelanggan terhadap produk Anda, serta untuk mengetahui tren yang sedang disukai oleh pasar. Dengan begitu, Anda jadi mempunyai bekal untuk menentukan arah bisnis kedepannya. Setiap bisnis tentu miliki ciri khas pasar yang berbeda, sehingga penting sekali untuk Anda melakukan riset pasar ini. Setelah mengetahui tren yang disukai oleh pasar, tentu akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten marketing kedepannya agar setiap strategi pemasaran yang Anda keluarkan bisa tepat sasaran. Tujuan akhirnya tetap sama, yaitu agar Anda tidak kalah saing dengan usaha sejenis.

 

Nah, itulah beberapa tisp yang perlu Anda lakukan bahkan hindari dalam memulai bisnis. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda, ya!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *